03/03/10

Sejarah Slackware

Slackware adalah distribusi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dan slackware Linux.Slackware adalah salah satu distribusi paling awal, dan merupakan tertua sedang dipertahankan.
Slackware desain bertujuan untuk stabilitas dan kesederhanaan yang bertujuan untuk menjadi yang paling UNIX seperti linux.

Nama "Slackware" berasal dari fakta bahwa distribusi dimulai sebagai proyek pihak swasta tampa dimaksudkan komitmen. Untuk mencegah dari yang diambil terlalu serius pada awalnya, Volkerding memberikan nama yang lucu, yang terjebak bahkan setelah Slackware menjadi proyek serius. The "Slack" dalam Slackware mengacu pada istilah "Slack" seperti yang digunakan oleh gereja Subgenius.

Banyak aneka pilihan desain pada Slackware. dapat dilihat sebagai contoh dari prinsip KISS. dalam konteks ini, " sederhana" mengacu pada pandangan desain sistem, bukan kemudahan penggunaan. Kebanyakan perangkat lunak dalam slackware menggunakan mekanisme konfigurasi perangkat lunak yang diberikan oleh penulis asli, ada beberapa distribusi mekanisme khusus. ini adalah alasan mengapa ada begitu sedikit GUI tool untuk mengkonfigurasi sistem. . Ini datang pada biaya ramah pengguna. Para pengecam menganggap distribusi memakan waktu dan sulit untuk belajar. Pendukung menganggap fleksibel dan transparan dan seperti pengalaman yang diperoleh dari proses belajar.

Manajemen paket Slackware dapat menginstal sistem, upgrade, dan menghapus paket dari sumber-sumber lokal, tetapi tidak akan mencoba untuk melacak atau mengelola dependensi, bergantung pada pengguna untuk memastikan bahwa sistem memiliki semua sistem pendukung perpustakaan dan program-program yang dibutuhkan oleh paket baru. Jika salah satu hilang, mungkin tidak ada indikasi sampai salah satu upaya untuk menggunakan perangkat lunak yang diinstal baru. Paket-paket Slackware gzip tarball dengan nama file diakhiri dengan. Tgz. Paket berisi file yang membentuk bagian dari perangkat lunak yang diinstal, serta file-file tambahan yang bermanfaat bagi manajer paket Slackware. File yang membentuk bagian dari perangkat lunak yang diinstal akan disusun sedemikian rupa sehingga, ketika diekstrak ke dalam direktori root, file mereka ditempatkan di lokasi diinstal. File lain yang ditempatkan di bawah install / direktori dalam paket. Dua file yang umumnya ditemukan di dalam menginstal / direktori, yang merupakan slack-desc dan doinst.sh file.

Ini tidak ditempatkan langsung ke filesystem dengan cara yang sama seperti file lain dalam paket. Slack-desc file adalah file teks sederhana yang berisi deskripsi dari paket yang diinstal. Ini digunakan ketika melihat paket menggunakan manajer paket.
Script ini dijalankan pada akhir instalasi dari sebuah paket. Sementara Slackware itu sendiri tidak memasukkan alat-alat untuk secara otomatis mengatasi dependensi untuk pengguna dengan secara otomatis men-download dan menginstalnya, beberapa pihak ke-3 perangkat lunak ada yang dapat memberikan fungsi ini mirip dengan cara tidak APT Debian.

Slackware 9.1 termasuk Swaret dan slackpkg sebagai paket tambahan pada CD kedua, tetapi tidak menginstal salah secara default. Swaret telah dihapus dari distribusi seperti Slackware 10,0 tetapi masih tersedia sebagai pihak ke-3 paket. slapt-get tidak menyediakan resolusi dependensi untuk paket-paket yang disertakan dalam distribusi Slackware. Ini bukannya menyediakan kerangka kerja bagi resolusi dependensi paket-paket yang kompatibel pada Slackware serupa dalam fashion sampai tangan-tuned APT memanfaatkan metode. Beberapa paket sumber-sumber dan distribusi berbasis Slackware memanfaatkan fungsi ini.

Atau, NetBSD's pkgsrc menyediakan dukungan untuk Slackware, antara lain operasi mirip UNIX sistem. pkgsrc menyediakan resolusi dependensi untuk kedua paket biner dan sumber.

Bagi para pembaca yang tertarik Dengan pembahasan ini dan ingin mencoba Silakan Klik Download
terimakasih atas perhatianya :beer:

Tidak ada komentar: